Bendungan Leuwikeris Jadi Destinasi Wisata Baru di Ciamis

Read Time:1 Minute, 20 Second

Bendungan Leuwikeris di Ciamis baru-baru ini menjadi bintang utama setelah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Kamis (29/8). Tak butuh waktu lama bagi bendungan ini untuk menarik perhatian masyarakat. Pasca-penggenangan yang dilakukan seminggu lalu, lokasi ini kini ramai dikunjungi oleh warga setempat dan dari luar daerah.

Bendungan yang terletak di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, telah berubah menjadi tempat wisata dadakan. Setiap hari, ribuan pengunjung datang dengan berbagai moda transportasi—mulai dari sepeda motor, mobil pribadi, hingga odong-odong wisata. Pemandangan indah serta kemegahan bendungan membuat banyak orang penasaran.

Kegiatan yang dilakukan warga tidak hanya sekadar melihat keindahan bendungan. Banyak di antara mereka yang membawa bekal dari rumah seperti tikar untuk duduk, makanan dan minuman, lalu menikmati waktu bersama keluarga dan teman di pinggir bendungan. Beberapa pengunjung bahkan datang dari Banjar dan daerah sekitarnya.

Untuk mencapai Bendungan Leuwikeris, pengunjung harus melalui Jalan Lingkar Selatan Ciamis, kemudian masuk ke Desa Handapherang, dilanjutkan menuju Dusun Guha, dan akhirnya sampai di lokasi bendungan. Seiring dengan kepopulerannya, bendungan ini menjadi viral di media sosial, membuat banyak orang berbondong-bondong untuk melihatnya secara langsung sebelum kawasan tersebut kemungkinan ditutup dengan pagar.

“Melihat berita di media sosial, saya jadi penasaran. Saya ingin melihat langsung Bendungan Leuwikeris sebelum area ini ditutup pagar,” ungkap Via Oktaviana, warga Ciamis yang datang dengan sepeda motor.

Selain menjadi tempat wisata, kehadiran Bendungan Leuwikeris juga membawa berkah bagi pedagang kaki lima di sekitarnya. Pedagang cendol, cilok, dan kopi seperti Nana, yang telah berjualan sejak awal penggenangan, mengaku meraup untung signifikan. “Sekarang saya bisa mendapatkan Rp 400 ribu setiap hari. Banyak pengunjung datang dan botram di sini,” katanya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Menyikapi Paparan Bisphenol A (BPA): Apa yang Perlu Diketahui
Next post Rasanya Jika Nomor yang Kita Pasang Meleset 1 Angka